Catatan Si apa (?)

Search

Jumat, 29 Juli 2022

TUGAS KECERDASAN BUATAN

Nama                           : Sutisno Candra Kusuma

NIM                            : 201552020027

Prodi                           : Teknik Informatika

Mata Kuliah                : Kecerdasan Buatan

Dosen Pengajar           : Slamet Raharjo, M.Kom

 

Tugas:

Buat review jurnal tentng aplikasi kecerdasan buatan.. letakan di blog kalian dan e-learning ibm bekasi

 

Review Jurnal

 

Judul Penelitian

PENGGUNAAN METODE KECERDASAN BUATAN RUNUT MAJU DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN GAME LABIRIN

 

Nama Penulis

I Gede Santi Astawa

 

Nama Jurnal

PENGGUNAAN METODE KECERDASAN BUATAN RUNUT MAJU DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN GAME LABIRIN

 

Latar Belakang Masalah

Permainan labirin adalah permainan mencari jalan keluar, dari beberapa jalur pada suatu area permainan. Template permainan berbentuk persegi atau persegi panjang yang ukurannya dapat diatur sesuai dengan keinginan user. Di dalamnya terdapat serangkaian jalur berupa labirin yang bercabang, namun tidak setiap cabang labirin tersebut merupakan jalan keluar karena ada yang terhalang oleh tembok-tembok penghalang.

 

Masalah/Pertanyaan Penelitian

Bagaimana cara menyelesaikan game labirin menggunakan logika kecerdasan buatan.

 

Hipotesis

Langkah pertama untuk menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan pemodelan kecerdasan buatan adalah merepresentasikan pengetahuan dalam basis pengetahuan (knowledge base) sehingga terbentuk aturan-aturan (rules). Aturannya dibuat berdasarkan kondisi-kondisi yang mungkin terjadi pada saat berada di suatu tempat di dalam area labirin, kondisi yang dimaksud dan penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

1.      Jika suatu posisi adalah tembok maka posisi tersebut terlarang penuh.

2.      Aturan yang dibuat untuk menghindari melangkah ke daerah yang sudah pernah dilalui

3.      Aturan yang dibuat untuk melangkah apabila bisa melangkah ke daerah yang belum pernah dikunjungi

4.      Aturan yang dibuat untuk melangkah apabila tidak ada daerah yang mungkin yang belum pernah dikunjungi, daerah yang sudah pernah dilewati boleh dilewati lagi

5.      Aturan yang dibuat untuk menentukan pencarian gagal atau berhasil

6.      Aturan untuk menghindari melangkah ke cabang yang salah

7.      Aturan untuk menentukan kondisi suatu posisi

 

Metode

·         Pengumpulan Data

Penyumpulkan semua data dan informasi yang berhubungan dengan kecerdasan buatan.

·         Menganalisa Data

Setelah memperoleh informasi maka langkah selanjutnya adalah memahi dan mengikuti aturan aturan dalam menyelesaikan algoritma ascent hill climbing

·         Mengolah Data dengan algoritma ascent hill climbing

Data yang telah dipersiapkan akan diolah menggunakan algoritma ascent hill climbing

 

Hasil Penelitian

Hasil perancangan pemecahan masalah labirin dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan & model pemikiran ini selanjutnya akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman.

 

Abstrak Jurnal

Permainan (game) yang merupakan aplikasi yang cukup diminati karena bisa dimanfaatkan untuk ajang refreshing dan asah otak. Bahkan tidak jarang aplikasi game komputer membuat penggunanya kecanduan. Game labirin merupakan sebuah contoh game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bentuk labirinnya dibuat kedalam koordinat satuan (x,y), dengan fakta-fakta yang diketahui adalah koordinat halangan, dan koordinat lokasi saat ini, tugas utamanya adalah mencari jalan keluar yang koordinatnya tidak diketahui. Pada pembahasan ini dilakukan pemecahan permasalahan game labirin dengan menggunakan pemodelan kecerdasan buatan & model pemikiran dengan penalaran runut maju.

Kata Kunci: Game labirin, pemodelan kecerdasan buatan, runut maju

  

Referensi

Dana Cremer, 2007, “The Application of Artificial Intelligent to Solve a Physical Puzzle”, Departement of Komputer and Information Sciences, Indiana University South Bend.

Stuart J. Russell and Peter Norvig, 2003, „Artificial Intelligence A Modern Approach Second Edition’,Pearson Education Inc.

 

Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates